Entri Populer

Senin, 09 Januari 2012

TUHAN BESERTA KITA, IMMANUEL.


Gereja menjadi terang dunia


5 komentar:

  1. Gubernur Kalimantan Timur Terima Audensi Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Regio II Kalimantan

    Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Regio 2 Kalimantan belum lama ini melakukan audiensi kepada Awang Farouk Gubernur Kalimantan Timur di Samarinda (3/10). Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Regio 2 Kalimantan dipimpin Ketua Umum Pdt. Midian KH. Sirait, MTh bersama dengan Panitia lainnya Heri Simaremare, SE, TV Situmorang, A. Pasaribu, Pdt. A. Lumbantobing, STh, Pdt. E.L. Manullang, STh, Dr. N. Panjaitan, Drs. B. Gultom, Dr. POT. Ompusunggu, SpB, B. Hutapea, SH.

    Dalam kesempatan audienasi dengan Bapak Gubernur KalTim, Pdt Midian KH Sirait,MTh maksud dan tujuan Jubileum diadakan di KalTim di Kota Balikpapan. Mensyukuri Seratus Lima Puluh Tahun atau Satu Setengah Abad masuknya agama Kristen (HKBP) di tanah Batak adalah Tujuan utama dari Pelaksanaan Pesta Jubileum 150 tahun HKBP Regio 2 Kalimantan yang akan dilaksanakan di Gedung BSCC Dome Balikpapan pada tanggal 30 Oktober 2011 dan diperkirakan akan dihadiri 3.000 orang Jemaat HKBP yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan demikian penjelasan Pdt. Midian KH. Sirait, MTh selaku Ketua Umum Pesta di awal perbincangannya.

    Hal penting lain yang disampaikan Pdt. Midian KH. Sirait, MTh yang sehari-hari bertugas sebagai Pendeta HKBP Balikpapan Ressort Kalimantan Timur dan berkantor di Jl. Mayjend. Sutoyo Gunung Malang Balikpapan bahwa, 150 tahun adalah Suatu perjalanan yang cukup panjang bagi HKBP sebagai Gereja Kesukuan (Suku Batak) yang inklusif dalam melepaskan suku Batak dari ketertinggalan dan kemiskinan khususnya daerah Tapanuli melalui jalur Pendidikan dan Kesehatan.

    Hal ini bagian yang tidak terpisahkan dari tujuan HKBP yang missioner terutama pada awal masuknya Kristen di tanah Batak. Dimana Konsep memadukan pendidikan dan kesehatan untuk penyebaran agama khususnya bagi masyarakat yang atheis pada saat itu, harus dilakukan dengan perbuatan nyata supaya mereka mau menerima agama. Sehingga mereka dapat melihat perbedaan dan merasakan perkembangan ilmu dan teknologi untuk kemajuan, yang akhirnya masyarakat Batak lepas dari kegelapan rohani setelah mengenal dan meyakini Tuhan sebagai satu-satunya pencipta dan penyelamat jiwa manusia masa dulu, kini dan masa datang sebagai tujuan hidup dan pengharapan.

    BalasHapus
  2. Profesi adalah Panggilan, Pekerjaan adalah Pelayanan

    Semua orang Kristiani mendapat panggilan dari Allah. Profesi adalah panggilan, pekerjaan adalah pelayanan. Dengan begitu setiap orang Kristiani adalah pekerja Tuhan penuh waktu di masing-masing bidang pekerjaannya. Bahasa PL panggilan (qara) dipergunakan utamanya untuk umat Allah yang dipanggil untuk berperanserta dalam rencana besar Allah bagi dunia. Yaitu panggilan kepada keselamatan, kekudusan dan pelayanan. Dalam bahasa PB, panggilan (kaleo dan klesis) dipergunakan untuk undangan kepada keselamatan, undangan mengikut Yesus, panggilan untuk kehidupan persekutuan dan pribadi, panggilan ikut serta mewujudkan Kerajaan Allah serta panggilan untuk melayani. Tanpa kecuali, semua orang Kristiani dipanggil. Mereka dipanggil bersama-sama dan masing-masing. Mereka dipanggil bagi totalitas keseharian hidup. Panggilan ini dalam PL dan PB mengarahkan kehidupan umat dan orang percaya kepada sikap, perilaku, pikiran dan nilai selaku warga Kerajaan Allah di tengah kerajaan dunia (termasuk kerajaan bisnis profesional!).

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PARHALADO HKBP RESORT KALIMANTAN TIMUR
      &
      PARHALADO HKBP BALIKPAPAN

      Pasahathon tu:

      Sude ruas ni HKBP, Singkola Minggu, Guru Sekolah Minggu, Pengurus Seksi-seksi Remaja, NHKBP (Senior dan Junior), Ama dohot Ama Manna, Ina Parari Kamis, Ina Debora, Ina Soripada, Ina Hanna, Ama Lansia, Sude Dewan-dewan: Koinonia, Marturia, Diakonia, Song Lieder, Pemain Organ/Musik Gereja, Sude Punguan Parende Sektor (1-13), Parende Marturia, Parende Exaudi, Sude Pengurus Sektor PPS, Panitia Pembangunan, sude staff di Kantor Huria, Donateur ni Huria.

      SELAMAT TAON BARU
      1 JANUARY 2012

      IMMANUEL
      Donganta ma Debata, Tuhan beserta kita! Sondang ni Tuhanta na mian dibagasan rohanta!

      an Parhalado
      Pandita HKBP Resort Kalimantan Timur
      Uluan,

      Pdt Midian KH Sirait, MTh

      Hapus
  4. Maualiate ma di Tuhanta Debata Parasi roha godang i, marhite anakNa Tuhan Jesus Kristus Raja ni Huria i, ala ni pangaramotionNa dohot pasupasuNa na mandongani HuriaNa. Sai dipatongonTuhanta tu hita ganup marsadasada. Alai saluhutna tarpatupa Hurianta do mardalan di ulaon i, ala Debata Jahowa do tongtong margogoihon HuriaNa, dipasupasu hita saluhutna, sonang do hariboriboan hita laho mamuji pasangap Debata: Ama, AnakNa Tuhan Jesus Kristus, dibagasan Tondi Parbadia. Antong hobas ma hita jala dungo ma anggiat tarparhaseang hita tingkinta laho mulaulaon songon ni Tuhanta di turpuk ojahan ni berich, barita pangulaon on, na mandok: “Hamu pe, gabe hobas ma, ai na ro do Anak ni jolma i di tingki na so panangamanmuna” (Lukas 12:40). Amen.

    BalasHapus